Home / Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan / Komitmen Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Di Indonesia

Komitmen Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Di Indonesia

(Last Updated On: December 9, 2016)

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Seperti yang kita ketahui teknologi saat ini berkembang dengan begitu pesatnya. Hampir di semua bidang teknologi semakin maju, mulai dalam bidang otomotif, gadget, pendidikan, rumah tangga, dan lain sebagainya. Kemajuan tersebut tentunya berdampak baik buat masyarakat. Karena biasanya, semakin maju suatu teknologi, semakin manusia terbantu oleh keberadaan teknologi tersebut.

Akan tetapi, kemajuan teknologi tidak hanya berdampak baik saja, salah satu efek buruk atau efek samping yang terjadi akibat fenomena dari kemajuan teknologi ini adalah masalah pencemaran lingkungan. Karena seperti kita ketahui kebanyakan berbagai produk berteknologi tersebut, membutuhkan bahan bakar. Dan dari bahan bakar tersebut, yang biasanya memicu polusi yang otomatis berdampak buruk pada lingkungan.

Untuk itu, salah satu perusahaan BUMN negeri ini, yang memang bergerak dalam bidang energi, yaitu Pertamina, selalu melakukan terobosan serta inovasi-inovasi terbaik dalam menghadirkan suatu bahan bakar yang Berkualitas, ramah lingkungan, dan aman buat kehidupan manusia. Dengan slogannya : Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan, pertamina berjuang keras memenuhi kebutuhan sumber energi bagi masyarakat Indonesia sekaligus ikut menjaga kelestarian serta kebersihan lingkungan negeri ini.

Bak gayung bersambut slogan Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan yang terus di gaungkan Pertamina, di tanggapi masyarakat dengan sangat positif. Ini terbukti dari timbulnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan bahan bakar berkualitas serta ramah lingkungan terus meningkat dari hari ke hari.

Dan hal itu tentunya juga tak lepas dari peran pemerintah sendiri, yang gencar dalam mensosialisasikan masalah pentingnya penggunaan bahan bakar Berkualitas dan ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Agar kualitas hidup lebih baik, lebih sehat dan tentunya berdampak pada kemakmuran bangsa.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Seperti yang telah di singgung di atas, pertamina berkomitmen dalam menciptakan alternatif bahan bakar atau sumber energi yang lebih efisien serta berkelanjutan dengan mengedepankan kesehatan lingkungan. Sebagai produsen bahan bakar atau sumber energi terbesar di negeri ini, sekaligus merupakan perusahaan berplat merah atau badan usaha milik negara, maka tak heran jika pertamina menguasai pangsa pasar beraneka macam bahan bakar. Baik itu bahan bakar rumah tangga (gas) maupun bahan bakar untuk kendaraan, baik itu produk pelumas maupun bahan bakar minyak.

Setiap tahunnya produksi bahan bakar yang di hasilkan Pertamina selalu meningkat tiap tahunnya. Terlebih untuk penjualan BBM atau bahan bakar minyak. Karena seperti yang kita ketahui, saat ini pengguna kendaraan semakin meningkat. Terutama di kota-kota besar di tanah air. Terlebih dengan kondisi saat ini, banyak produsen atau pabrikan otomotif yang memasarkan variant mobil murah di tanah air. Sehingga tak heran makin banyak saja masyarakat kita yang mempunyai mobil. Yang mana otomatis hal tersebut berimbas pada konsumsi kebutuhan bahan bakar yang makin besar lagi.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Belum lagi penggunaan bahan bakar yang terserap untuk kalangan industri. Seperti yang bisa anda lihat saat ini ekonomi Indonesia terus meningkat, banyak sekali pabrik-pabrik besar yang terebar di seluruh tanah air. Belum lagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di dunia pertambangan, yang tentunya membutuhkan banyak sekali bahan bakar untuk menjalankan produksinya.

Komitmen Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan di Indonesia

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Kondisi udara di perkotaan yang makin hari kian memburuk, akibat polusi atau pencemaran gas buang dari berbagai kendaraan, entah itu motor, mobil, truk, bus, maupun kendaraan-kendaraan lainnya, mendorong Pertamina meluncurkan bahan bakar serta produk-produk lainnya yang Berkualitas serta ramah lingkungan.

Dengan meluncurkan berbagai produk yang ramah lingkungan atau eco friendly tersebut, Pertamina berharap dapat ikut menyelamatkan lingkungan dari efek buruk kemajuan teknologi saat ini. Berbagai produk Pertamina yang di gadang sebagai produk Berkualitas ramah lingkungan atau yang populer dengan sebutan BBK (bahan bakar khusus) tersebut antara lain adalah, Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex, Pertamax Racin dan yang terbaru saat ini adalah Pertalite.

Berdasarkan informasi yang di katakan pihak Pertamina, berbagai produk BBK atau BBM Ramah Lingkungan tersebut selain merupakan bahan bakar ramah lingkungan, juga telah menerapkan ecosave Technology. Yang mana eco save technology tersebut merupakan teknologi yang bisa menjaga kemurnian suatu bahan bakar, mencegah karat, serta sekaligus dapat membersihkan mesin kendaraan.

Dan tidak itu saja, masih ada satu keunggulan lagi dari berbagai produk ramah lingkungan pertamina ini (Pertamax, Pertamax Plus, Pertamax Racin dan Pertalite) yaitu bebas akan kandungan timbal pada di bahan bakar tersebut. Sedang untuk produk Pertamina Dex, kelebihannya adalah kualitas pembakarannya yang di yakini lebih bagus dan bisa mencegah terjadinya diesel knock .

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Sebenarnya, mengenai program untuk memproduksi bahan bakar ramah lingkungan yang di lakukan Pertamina, sudah sejak lama di canangkan. Bahkan sejak berdirina dulu yaitu pada tahun 1957, Pertamina selalu melakukan inovasi-inovasi agar bisa menghadirkan produk bahan bakar yang Berkualitas dan ramah lingkungan.

Dan mengenai komitmen Pertamina dalam mengembangkan energi yang ramah lingkungan atau eco friendly ini sudah tak perlu diragukan lagi. Sehingga tak berlebihan jika baru-baru ini, Pertamina meraih penghargaan Living Legend Companies Award 2016 untuk kategori Gold.

Untuk memantapkan peran Pertamina dalam menghadirkan solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan ini, maka pertamina melakukan langkah-langkah konkrit, yaitu : Direktorat Gas, Energi Baru serta Terbarukan mengelola bisnis Gas, sedang Power serta NRE sebagai bisnis utama Pertamina untuk memperkuat posisi bisnis serta daya saingnya.

Berdasarkan data dari laporan tahunan 2015 yang lalu, guna lebih meningkatkan lagi inovasi dalam menghadirkan bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan, Perusahaan Pertamina melakukan langkah-langkah strategis untuk memuluskan tujuan tersebut.

  • Mengembangkan penguasaan pasar Gas, Power, serta NRE dengan mengamankan pasokan, serta membuat dan memperluas pasar dalam mengembangkan bisnis, melalui optimalisasi bisnis eksisting serta penguasaan resources baru.
  • Melakukan Ekspansi pasar baru guna mengakselerasi bisnis Direktorat GEBT di bidang Gas, Power, serta NRE
  • Melakukan pengembangan resources serta bisnis baru sebagai new growth engine
  • Melakukan ekkspansi pasar baru guna mengakselerasi bisnis Direktorat GEBT di bidang Gas, Power, serta NRE
  • Melakukan pengembangan resources serta bisnis baru sebagai new growth engine

Untuk itu, agar bisa terus bersaing, PT. Pertamina selalu berupaya sekuat tenaga dalam melakukan berbagai terobosan serta inovasi dalam mewujudkan hadirnya bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan. Dan tentunya hal ini jua merupakan salah satu komitmen PT. Pertamina dalam ikut serta memajukan perekonomian nasional.

Berbagai macam produk Pertamina Solusi Bahan Bakar Bekualitas dan Ramah Lingkungan di Indonesia

Diatas telah sedikit kita singgung mengenai produk-produk BBK atau bahan bakar khusus dari Pertamina. Nah pada kesempatan ini, kami akan mengupas lebih detail lagi mengenai produk-produk ramah lingkungan tersebut. Khususnya 3 produk andalan Pertamina saat ini. Yaitu pertalite, Elpiji Pertamina atau LPG dan Bright Gas. Nah berikut ulasan lengkapnya.

1. Pertalite

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Sangat wajar bila ada istilah yang menyatakan bahwa Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan

Karena hal ini salah satunya dengan di produksinya BBM berkualitas pertalite. Seperti yang kita ketahui, pertalite adalah bahan bakar kendaraan bermotor terbaru yang dikeluarkan oleh PT. Pertamina pada tahun 2015. Kini, Pertalite telah hadir di 34 kabupaten di Indonesia. Dengan level RON (Research Octane Number) sebesar 90, Pertalite memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan dengan bahan bakar kendaraan Premium yang mempunyai level RON sebesar 88.

Pertalite memiliki kandungan sulfur maksimal sebesar 0,05% m/m yang setara dengan 500 ppm dan kandungan residu maksimal sebesar 2,0%. Pertalite tidak memiliki kandungan logam dan kandungan timbel. Meskipun baru satu tahun, Petalite sudah banyak diminati oleh para pengendara kendaraan bermotor. Hal ini karena penggunaan Pertalite juga lebih hemat dibandingkan dengan Premium. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Pertalite yaitu:

Dengan level RON sebesar 90, Pertalite dapat menjaga mesin kendaraan dari kerusakan karena rata-rata kendaraan bermotor di Indonesia mempunyai perbandingan kompresi yang sama dengan besarnya RON pada Pertalite. Dengan perbandingan komprehesi tersebut, menjadikan tarikan kendaraan lebih enteng dibandingkan dengan Premium. Bahan bakar kendaraan Pertalite ini mempunyai kandungan zat yang dapat mencegah korosi dan pembentukan deposit di dalam mesin kendaraan. Pertalite merupakan bahan bakar kendaraan yang telah memenuhi syarat dasar ketahanan.

Dalam proses pengolahannya, Pertalite merupakan hasil campuran dari bahan bakar kendaraan jenis Premium dan Pertamax sehingga Pertalite mempunyai warna hijau terang. Nah, buat pembaca yang belum tahu apa saja keunggulan lainnya dari Pertalite ini, berikut ulasannya:

Keunggulan Pertalite – Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

  • Lebih Hemat

Untuk anda yang ingin hemat menggunakan BBM, sebaiknya pilihlah BBM Oktan Tinggi Harga Terjangkau yaitu Pertalite. Dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan Premium yaitu hanya selisih sekitar Rp. 1000,00-,Pertalite lebih hemat digunakan untuk menempuh jarak yang jauh. Pertalite juga dapat membuat mesin kendaraan akan bekerja lebih efesien serta lebih optimal.

  • Ramah Lingkungan

Angka RON sebesar 90 yang dimiliki Pertalite menjadikan bahan bakar kendaraan ini bersifat ramah terhadap lingkungan karena emisi gas buangnya lebih bersih dibandingkan dengan Premium. Inilah yang menjadikan kendaraan lebih terasa enteng dan mempunyai kecepatan lebih tinggi jika menggunakan Pertalite.

  • Anti Karat

Pertalite mempunyai kandungan zat adiktif sebagai anti karat yang dapat melindungi tanki BBM pada kendaraan anda dari karatan. Selain itu jug, ada kandungan zat pembesih yang berguna untuk mencegah serta membuat kotoran di silinder head dan klep intake menjadi luntur.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

  • Anti Kristal

Pada suhu-suhu tertentu, tanki pada kendaraan anda bisa muncul Kristal-kristal air yang mana jika ini masuk ke dalam mesin akan menghalangi pembakaran BBM sehingga kendaraan anda akan tersendat. Kristal-kristal air itu lama kelamaan juga dapat menjadi kerak. Pertalite mengandung zat sebagai anti kristal air. Untuk itu, sebaiknya anda menggunakan Pertalite agar tanki kendaraan terbebas dari kerak dan laju kendaraan anda tidak tersendat.

Perlu untuk anda ketahui, bahwa salah satu alasan mengapa PT. Pertamina meluncurkan Pertalite sebagai bahan bakar kendaraan di tahun 2015 karena dipicu oleh mesin kendaraan yang rasio kompresinya rendah sudah langka karena mesin standar dunia semakin bertambah. Oleh karena itu, saat Pertamina mengeluarkan Pertalite,hampir seluruh perusahaan otomotif menyambutnya dengan sangat baik.

Saat ini juga, perusahaan otomatif banyak yang menjadikan Pertalite sebagai bahan standar untuk BBM kendaraan. Beberapa perusahaan otomotif tersebut beberapa di ataranya ialah pabrikan yang memproduksi mobil Avanza dan Mobilio. Dan hal tersebut memanglah tepat, sebab pertalite sangat ideal digunakan pada mesin kendaraan yang berasio 9:1. Jika di luar negeri, mesin kendaraan berasio kompresi 11:1 juga masih bisa menggunakan Pertalite sebagai BBM nya. Meskipun sebenarnya dianjurkan untuk lebih menggunakan Pertamax.

Di Amerika, BBM jenis Pertamax plus adalah BBM yang termasuk rendah kualitasnya. Di sana, sudah ada BBM yang mempunyai level oktan di atas 100. Tapi, fakta tesebut tidak bisa kita samakan di Indonesia. Untuk perusahaan otomotif yang memproduksi Toyota dan Honda, menganjurkan untuk menggunakan BBM jenis Pertalite dan Pertamax agar lebih aman.

Nah, itulah ulasan mengenai bahan bakar Pertalite, yang merupakan bahan bakar keluaran terbaru pertamina yang Berkualitas dan ramah lingkungan. Setelah anda lihat berbagai keunggulannya di atas, tentunya sangat tidak tepat jika masih ada orang yang beranggapan jika pertalit ini sama saja dengan bahan bakar jenis premium. Karena jelas-jelas banyak perbedaan dan kelebihan dari bahan bakar jenis pertalit ini.

2. Bright Gas

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Produk bahan bakar terbaru pertamina yang semakin mengokohkan bukti jika pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan adalah dengan di produksinya bahan bakar bright gas ini. Pada umumnya, masyarakat hanya mengetahui gas elpiji yang kemasannya 3 kg dan 12 kg. Sebenarnya, tabung gas yang dikeluarkan oleh Pertamina tidak hanya jenis kemasan yang 3 kg dan 12 kg tetapi juga ada jenis bright gas dan ease gas. Namun, kedua produk tersebut termasuk produk premium yang ditujukan untuk kelas menengah ke atas.

Kini, produk gas elpiji premium tersebut sudah bisa dikonsumsi oleh semua kalangan karena PT. Pertamina telah resmi meluncurkan gas LPG Bright Gas dengan kemasan 5,5 kg. Sebenarnya, masih banyak masyarakat yang belum tahu apa perbedaan antara gas elpiji yang biasa dengan bright gas dan ease gas. Pada dasarnya semua produk gas LPG mempunyai isi yang sama yaitu propane (C3) dan butane (C4). Yang membedakan di antara produk tersebut yaitu terdapat pada berat tabungnya, variasi warna tabung dan pelayanannya.

Perbedaan lainnya yang sangat mencolok yaitu pada harganya. Untuk gas LPG yang bukan bright gas atau ease gas, harganya masih disubsidi oleh pemerintah. Dengan begitu, tentunya bright gas mempunyai harga yang lebih mahal. Khusus untuk bright gas, seluruh tabungnya dilengkapi oleh katup pengaman yang ganda (Double spindle valve system) yang membuat bright gas hemat dan lebih aman dalam mencegah kebocoran gas.

Cara kerja pengaman ganda pada bright gas yaitu apabila salah satu pada katupnya mengalami kerusakan, maka gas tidak langsung keluar melalui tabung tetapi terlebih dahulu akan ditahan oleh katup pengaman yang satunya. Bright gas juga hadir dengan dua varian warna yaitu pink dan ungu sehingga dapat mempercantik dapur anda dan aktivitas memasak anda jauh lebih menyenangkan dengan corak warna yang identik menghadirkan kesan ceria.

Bagi anda yang selama ini tidak berani memasang gas sendiri atau sama sekali tidak tahu cara pemasangannya, diseluruh tabung bright gas kini dilengkapi oleh stiker petunjuk pemasangan gas sehingga membuat para konsumen yang selama ini belum tahu cara pemasangannya menjadi tahu dan juga lebih mempermudah konsumen dalam menggunakannya. Beberapa keunggulan lainnya dari bright gas adalah sebagai berikut:

Keunggulan-Keunggulan Bright Gas

  1. Kualitas isi yang lebih terjamin

Selain memiliki pengaman ganda atau Katup Ganda DSVS (Double Spindle Valve System) di kepala tabung, kualitas isinya dan ketepatan isinya juga lebih terjamin.Selain itu, dengan segel hologram yang Optical Color Switch (OCS) membuat bright gas tidak dapat dipalsukan.

  1. Lebih praktis

Terkadang kita susah mencari gas LPG yang biasa karena sering kehabisan stok. Apalagi kalau penjualan gas sedang langka. Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, karena Bright gas menyediakan layanan Bright Gas Layan Antar sehingga dapat mempermudah anda jika sewaktu-waktu kehabisan gas. Biaya pesan antar Bright gas cukup murah yaitu hanya Rp 5.000,00-. Anda dapat memesannya melalui telpon 500-000.Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

  1. Bright gas lebih aman dan hemat

Selain memiliki pengaman ganda dan tidak dapat dipalsukan, keamanan Bright gas lebih terjamin lagi karena mempunya karet pelindung benturan sehingga tabung tidak mudah terbentur dan apabila terbentung tidak rusak karena adanya karet pelindung tersebut. Dan juga, Bright gas dilindungi oleh penutup tabung atau Secutity Seal Cap.

  1. Harga yang lebih terjangkau

Meskipun pada awalnya Bright gas ditujukan untuk kalangan menengah ke atas, sekarang harga Bright gas lebih terjangkau dengan kemasan yang 5,5 kg. Untuk harga isi ulang Bright gas 5,5 kg berbeda di setiap daerah. Khusus untuk wilayah Pulau Jawa dan Bali dibandrol dengan harga Rp. 57.500/tabung sedangkan untuk wilayah Pulau Kalimantan yaitu seharga Rp. 62.000/tabung Bright gas.

Nah, itulah keunggulan-keunggulan dari Bright gas. Selain Bright gas, produk premium gas LPG yang lain adalah jenis ease gas. Untuk keunggulan yang dimiliki oleh ease gas yaitu:

  1. Tersedia layanan pesan antar ease gas gratis selama 24 jam yang dapat dipesan langsung melalui Indomaret dan SPBU Coco.
  2. Ease gas mempunyai kualitas isi yang lebih dibandingkan Bright gas yaitu dengan kemasan 9 kg dan 14 kg.
  3. Untuk warna tabungnya hanya tersedia satu warna yaitu warna gold yang menandakan bahwa Ease gas adalah produk premium dan kualitas isinya berstandar SNI.
  4. Sama seperti Bright gas, Ease gas juga dilengkapi oleh fitur double spindle sehingga memberikan keamanan yang dua kali lebih aman ketika digunakan untuk memasak setiap hari.
  5. Ease gas menyediakan teknisi yang professional dan juga handal untuk melayani anda, mulai dari pemeriksaan fisik tabung Easy gas, pengecekan kualitas isi atau penimbangan tabung, mengecek karet tabung apakah sudah rapat atau belum, pengecekan selandan juga regulator, mengecek kebocoran, pembersihan tabung sekaligus kompor, sampai dengan pemasangan regulator ke kompor.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Nah diatas adalah ulasan tentang produk LPG jenis premium yaitu Bright gas serta Easy gas. Selanjutnya di bawah ini kita akan kupas mengenai gas LPG. Salah satu dari produk ramah lingkungan dari Pertamina juga.

  1. LPG Pertamina

Saat ini elpiji merupakan bahan bakar yang sangat populer di kalangan masyarakat. Jika dulu masyarakat lebih banyak menggunakan kompor minyak, tapi saat ini hampir semua masyarakat, dari kalangan apapun menggunakan gas elpiji ini.

LPG adalah campuran berbagai gas hidrokarbon yang berasal dari alam. Dengan menambahkan gas dan menurunkan suhu maka gas tersebut berubah menjadi cair. Karena itu LPG yang dijual dipasaran berbentuk cairan yang ditempatkan pada tabung logam bertekanan. Sifat dari LPG yaitu mudah terbakar, tidak beracun, tidak berwarna atau berbau, dan dapat menguap dengan cepat jika terjadi kebocoran. Akan tetapi dapat di pastikan jika LPG aman untuk di gunakan sehari-hari, tentunya apabila memperhatikan tata cara pemakaian yang baik dan benar.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat penggunaan Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah LingkunganLPG

 

  1. Gunakan peralatan LPG seperti tabung, kompor, selang, regulator sesuai standart SNI.
  2. Kompor dan tabung LPG ditempatkan pada posisi datar.
  3. Usahakan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik. Jika ruangan tertutup setidaknya buka sedikit pintu atai jendela.
  4. Letakkan tabung LPG jauh dari kompor.
  5. Jauhkan tabung LPG dari paparan sinar matahari.
  6. Bersihkan kompor, selang, regulator dan tabung secara teratur.
  7. Bertindak cepat jika terjadi kebocoran pada LPG.
  8. Usahakan menjauhkan posisi LPG dan kompor dengan arus listrik didalam ruangan.
  9. Usahan untuk tidak menggunakan kompor minyak dan LPG secara bersamaan.

LPG Pertamina bukanlah sesuatu hal yang berbahaya. Selain itu penggunaan LPG jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan menggunakan minyak tanah. Semua tergantung bagaimana kita dalam menggunakannya

Cara Memasang Tabung LPG Pertamina yang Benar

Nah setelah di atas kita lihat tips dalam memilih dan memakai LPG Pertamina, berikut di bawah ini adalah panduan yang benar saat memasang LPG ini pada kompor anda. Silahkan disimak.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

  1. Perhatikan karet yang terdapat pada mulut tabung LPG. Dahulu karet berwarna hitam, namun sekarang berwarna merah. Pastikan kondisi karet aman dan tidak cacat untuk digunakan. Keluarkan karet dari mulut tabung LPG.
  2. Apabila sudah menemukan karet yang pas pada batang pemicu tuas gas, lepaskan karet dan masukkan kedalam katup tabung. Dan pastikan karet terpasang sempurna.
  3. Pasang klem regulator dan kompor dengan erat.
  4. Sebelum memasang regulator pastikan knop regulator mengarah kebawah.
  5. Pasang LPG regulator secara vertikal dan tekan kuat dari atas.
  6. Putar knop hingga pada posisi maksimal. Pastikan regulator tidak terlepas dari katup LPG.
  7. Pastikan juga selang tidak tertindih atau melengkung.
  8. Tekan knop pada kompor untuk memeriksa gas. Apabila kompor belum menyala, matikan lagi kompor. Pukul bagian atas regulator hingga terdengar ada gas yang mulai mengalir ke kompor. Lalu nyalakan kembali.
  9. Cek keadaan api pada kompor, apabila api dapat distel kecil dan besar maka kompor dapat digunakan.
  10. Cek juga kondisi tabung dan regulator. Apabila tidak ada desisan pada regulator dan tidak mengeluarkan bau maka sudah dipastikan tidak ada kebocoran gas. Dan kompor aman digunakan.
  11. Apabila terjadi sebaliknya, maka matikan knop kompor dan ulangi pemasangan sekali lagi. Perlu diingat apabila apabila melakukan pengecekkan ulang jangan mencolok valve pada tabung gas dengan benda lain. Cukup menggoyang-goyangkannya saja.

Sifat-sifat gas LPG

Liquifed Petroleum Gas (LPG) adalah gas bumi yang dicairkan yang kemudian dimasukkan ke dalam tabung-tabung logam bertekanan agar bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga yaitu memasak. Gas LPG terbagi menjadi 3 jenis yaitu gas LPG butana, gas LPG propena dan gas LPG campuran. Untuk jenis gas LPG yang biasa digunakan untuk memasak dan didapat dari Pertamina adalah jenis gas LPG campuran. Berikut ini adalah sifat-sifat dari gas LPG campuran

  • Tidak beracun meskipun mempunyai bau yang menyengat
  • Gas tidak bewarna
  • Mudah terbakar
  • Cairan gas dapat menguap jika dilepas dan dapat menyebar secara cepat
  • Gas lebih berat jika dibanding dengan udara

Tidak jarang kita mendengar, entah itu di media TV, radio maupun di internet, tentang gas LPG yang meledak. Tentunya tersebut membuat kita semua yang mendengarnya menjadi takut dan jika sewaktu-waktu hal itu juga terjadi pada gas LPG yang ada di dapur kita. Sebenarnya kita tidak perlu khawatir yang berlebihan, karena LPG Pertamina ini merupakan produk yang aman, bukan hanya aman buat lingkungan tetap juga aman buat manusia.

Berdasarkan sifat-sifat gas tersebut, memang hal-hal itu yang menjadi faktor pemicu mengapa sering terjadi gas meledak bahkan sampai ada yang menyebabkan kebakaran. Oya tapi yang perlu di perhatikan disini, sebenarnya kurang tepat jika dikatakan gas tersebut meledak. Sebab hampir rata-rata kecelakaan LPG yang terjadi akibat semburan api yang di hasilkan gas tersebut. Dan tabungnya tetap masih utuh.

Mungkin lebih tepatnya jika di sebut semburan gas, bukan ledakan gas, seperti yang santer di beritakan di media-media. Tetapi terlepas dari semua itu, entah itu meledak atau menyemburkan api, sebenarnya LPG telah di desain oleh para ahli di bidangnya agar bisa memberi rasa aman pada masyarakat. Asal kita menggunakannya dengan benar pasti tidak akan ada masalah.

Nah, di bawah ini adalah informasi mengenai tips aman dalam menggunakan LPG Pertamina. Dengan menerapkan tips di bawah ini maka bisa di pastikan, penggunaan LPG akan aman-aman saja.

pertamina-solusi-bahan-bakar-berkualitas-dan-ramah-lingkungan

Tips Jitu Menggunakan LPG Agar Aman

  1. Jangan biarkan selang regulatoe dan kompor anda dalam keadaan kotor seperi bekas kuah dan minyak sayur. Pastikan setelah memasak, anda selalu membersihkan kompor.
  2. Gunakanlah selang regulator yang berstandar SNI. Jika selang regulator anda sudah tidak layak pakai, sebaiknya gantilah sesegera mungkin. Dan pastikan kalau selang regulator terpasang dengan kencang ke kompor.
  3. Letakkan kain lap yang basah untuk di atas tabung gas untuk menghilangkan bau yang menyengat pada gas.
  4. Jika tercium bau gas, jangan sesekali menyalakan kompor, menghidupkan lampu, mencolokkan stop kontak magic atau dispenser karena sangat berbahaya.
  5. Pastikan kalau dapur anda memiliki sirkulasi udara yang baik seperti andanya ventilasi di dapur. Jika dapur anda tidak berventilasi, sediakanlah kipas angin dan nyalakan.
  6. Sediakan alat pemadam kebakaran di dapur anda.

Yang Harus Dilakukan Saat Membeli Tabung Gas

 Jika anda membeli tabung gas atau isi ulang tabung gas, anda harus memerhatikan dua hal ini:

  1. Kondisi fisik tabung gas. Ketika anda membeli tabung gas atau isi ulangnya, anda harus memerhatikan bagaimana kondisi fisiknya. Jangan memilih tabung gas yang sudah karatan, baik tabung gas yang ukuran kecil 3kg atau tabung gas ukuran besar. Karena, tabung gas yang telah karatan dapat berpotensi pada kebocoran. Anda juga harus memeriksa penutup pada plastiknya. Jika penutup plastiknya gampang lepas atau sudah pecah, hal ini menandakan kalau isi gas sengaja disedot oleh oknum sebanyak 0,5 kg.
  1. Klep karet pada tabung gas. Selain bentuk fisik tabung gas yang harus diperhatikan, anda juga harus memerhatikan klep karetnya. Meskipun klep karet ini kecil, tapi sangat berpengaruh apabila pemasangannya tidak sesuai. Di sinilah sumber kebocoran gas yang dapat menyebabkan kebakaran. Sebelum anda memasang selang regulator ke tabung gas, anda harus memastikan terlebih dahulu apakah ada klep karet di dalamnya tau tidak. Kebanyakan orang terkadang langsung memasangnya tanpa melihat dulu klep karetnya karena mereka berpikir kalau klep karet sudah langsung ada, padahal tidak semua pada tabung gas tersedia klep karet.

Jadi, perhatikanlah dua hal tersebut yaitu tabung gas dan klep karet saat anda membeli tabung gas dan melakukan isi ulang gas. Apabila sewaktu-waktu terjadi kebocoran gas, anda dapat mengatasi hal tersebut dengan beberapa cara di bawah ini.

Apa yang harus dilakukan saat LPG bocor?

Tabung gas yang bocor ditandai dengan terciumnya bau gas yang sangat menyengat. Jika terjadi hal seperti ini, usahakan untuk tidak panik dan lakukanlah hal-hal seperti di bawah ini. Silahkan disimak.

  1. Bukalah jendela dan pintu dapur anda.
  2. Segera lepaskan regulator pada gas dan jangan menyalakan api, lampu dan apapun yang berhubungan dengan listrik.
  3. Tutuplah tabung gas dengan menggunakan kain lap basah dan bawalah tabung gas ke luar ruangan.
  4. Jika anda tidak sempat membawa tabung gas ke luar ruangan, rendamlah tabung gas tersebut ke dalam ember yang sudah diisi air dan biarkan gas sampai habis terbuang.

Tips-Tips Lainnya Dalam Mencegah Kebocoran Gas:

  1. Jika saat memasang selang regulator pada gas ada suara yang mendesis, jangan diteruskan langsung menyalakan kompor. Periksalah kembali klep karetnya apakah sudah terpasang dengan baik dan cocok. Kalau klep karet sudah terpasang baik tetapi masih juga menimbulkan suara yang berdesis, seferalah untuk mengganti dengan klep karet lainnya. Usakahan kalau anda selalu menyediakan klep karet cadangan. Karena tidak semua klep karet yang sudah terpasang pada tabung gas bisa digunakan.
  2. Jika setelah memasak, bersihkanlah kompor anda dari sisa-sisa minyak atau apapun yang melekat pada tungku kompor maupun di bagian luarnya.
  3. Pastikan kalau nyala api pada kompor anda bewarna biru. Selain waspada dalam mencegah kebocoran juga menghemat dalam pemakaian gas.
  4. Periksalah selalu selang pada kompor gas anda. Jangan biarkan tertekuk dan kotoe. Jika selang sudah terlihat ada yang retak dan berkarat, segeralah ganti dengan yang baru.
  5. Gunakanlah selang regulator yang secara otomatis dapat menutup jika terjadi kebocoran pada selang tersebut.
  6. Jika timbul api di selang regulator atau di tabung gas, segeralah menyiramnya dengan air atau menutupinya dengan kain tebal yang sudah dibasahi terlebih dahulu.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

KELEBIHAN GAS ELPIJI DIBANDING MINYAK TANAH

Dibandingkan dengan minyak tanah, penggunaan gas elpiji tentunya lebih aman. Bukan hanya aman buat lingkungan juga aman buat penggunanya. Hal ini tentu selaras dengan moto pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan.

Adapun beberapa kelebihan yang dapat di peroleh jika menggunakan gas elpiji antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Lebih hemat waktu. Dibandingkan dengan minyak tanah, penggunaan gas elpiji nyatanya lebih hemat waktu. Jika penggunaan minyak tanah dalam memasak membutuhkan waktu setidaknya satu jam hingga masakan matang, namun berbeda dengan gas elpiji, anda hanya membutuhkan waktu setengah jam saja dalam memasak. Alhasil anda dapat hemat waktu setengah jam.
  2. Tidak memiliki bau. Tidak bisa dipungkiri jika penggunaan minyak tanah dapat memicu timbulnya kotoran pada kompor. Bukan hanya itu, minyak tanah juga menimbulkan bau menyengat yang tentunya cukup mengganggu. Berbeda jika menggunakan gas elpiji, penggunaan gas ini hanya akan menimbulkan bau jika terjadi kebocoran pada bagian tabung atau selang serta pada regulatormya.
  3. Lebih bersih. Penggunaan gas elpiji lebih bersih dibandingkan dengan minyak tanah. Ketika memasak dengan minyak tanah, anda akan mendapati alat masak yang kotor dengan warna hitam kepekatan. Adapun kotoran tersebut berasal dari gas hidrokarbon atau jelaga yang dihasilkan oleh minyak tanah. Hal diatas tidak akan terjadi jika anda menggunakan gas elpiji. Penggunaan gas elpiji lebih minim pencemaran, sehingga alat dapur ataupun kompor bisa lebih bersih dan tentunya awet digunakan.
  4. Praktis digunakan. Dibandingkan dengan minyak tanah, penggunaan gas elpiji tentu lebih praktis digunakan. Saat memasak dengan minyak tanah, menyalakan kompor sendiri membutuhkan waktu yang agak lama. Namun dengan gas alpiji, anda hanya perlu menekan serta memutar knopnya saja dan secara otomatis, api akan menyala. Jauh lebih praktis bukan?
  5. Lebih hemat. Penggunaan gas elpiji tentu lebih hemat dibandingkan dengan minyak tanah. Sebagai perbandingan, jika anda membutuhkan 1 liter minyak tanah perhari, maka gas elpiji sebanyak 3 kg saja, bisa anda gunakan dalam waktu satu minggu. Jika perhari anda menggunakan 1 liter minyak tanah, maka dalam seminggu, anda akan menghabiskan uang untuk membeli 7 liter minyak tanah. Sementara jika anda menggunakan gas alpiji, anda cukup hemat dengan membeli gas sekali saja untuk satu minggu kedepan.
  6. Lebih ramah lingkungan. Penggunaan minyak tanah dapat menghasilkan gas atau asap hitam pekat yang terbilang sebagai polusi udara. Berbeda dengan gas elpiji, kompr gas hanya menimbulkan plusi yang minim atau bahkan tidak ada.
  7. Menghemat anggaran subsidi negara untuk BBM. Perlu anda ketahui, jika kemajuan dunia yang cukup pesat, membuat penggunaan minyak tanah, solar serta bahan premium semakin meningkat. Alhasil persediaan minyak tanah dunia juga semakin menipis dan berakibat pada harga minyak yang cenderung terus mengalami kenaikan. Dengan menggunakan gas elpiji, anda sudah membantu pemerintah dalam menghemat anggaran negara khususnya dalam lingkup BBM.
  8. Ringan isi ulangnya. Bukan hanya dijual dengan harga yang bersahabat, gas elpiji juga lebih ringan untuk ditenteng. Dengan demikian, ibu rumah tangga tidak perlu menunggu suami pulang untuk membeli gas, melainkan cukup pergi sendiri ke toko terdekat.

Dengan banyaknya kelebihan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan gas elpiji di atas. Bisa disimpulkan jika penggunaan gas elpiji lebih baik digunakan jika dibandingkan dengan minyak tanah. Bukan hanya menghindarkan alat memasak dari kotoran gas minyak, melainkan juga lebih hemat biaya untuk keperluan memasak.

Tips Memilih Regulator Gas Elpiji yang Aman

Tidak bisa dipungkiri lagi, jika salah satu alasan yang membuat banyak orang takut menggunakan gas elpiji adalah karena takut gas meledak. Kompor gas sendiri, dapat meledak jika regulatornya mengalami masalah seperti halnya kebocoran. Dalam hal ini, ada baiknya anda berhati-hati dalam memilih regulator untuk gas elpiji.

Jangan mudah terpengaruh dengan harga regulator yang murah namun kualitasnya rendah. Ingat, bukan hanya sekedar kompor gas saja yang dipertaruhkan namun rumah, harta benda ataupun keluarga juga ikut menjadi taruhannya.

Dalam memilih regulator, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan seperti yang berikut ini.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

  1. Keberadaan tanda SNI. Saat memilih regulator, ada baiknya anda pastikan terlebih dahulu apakah ada tanda sninya atau tidak. Mengingat ada banyak sekali regulator yang dijual di pasaran, tidak heran jika kemudian banyak orang merasa kebingungan untuk menetapkan mana jenis regulator yang bagus. Carilah regulator yang telah teruji, terdaftar dan yang pasti diakui oleh pemerintah melalui ada tidaknya tanda SNI. Jangan mudah terpengaruh dengan harga yang murah namun kualitas barang yang mengecewakan.
  2. Pilih jenis regulator yang otomatis. Regulator otomatis adalah jenis regulator yang dapat memutuskan aliran gas saat kebocoran terjadi. Adapun tanda jika regulator gas elpiji tersebut otomatis adalah saat digoyangkan, akan terdengar suara layaknya pasir atau benda kecil dari dalam regulator tersebut. Namun jika anda masih ragu dalam menentukan apakah regulator tersebut otomatis atau tidak, anda bisa melakukan pengecekan secara langsung menggunakan kompor gas. Cara melakukan pengecekan cukup mudah yaitu dengan memasang regulator pada tabung lalu tutup lubang pada bagian selangnya menggunakan telunjuk jari lalu buka kemudian. Jika udara terus menerus keluar dari lubang, maka bisa dipastikan jika regulator tersebut bukanlah regulator otomatis. Namun jika saat telunjuk dibuka dan gas keluar hanya sebentar dan berhenti kemudian, maka regulator tersebut adalah jenis regulator otomatis.
  3. Gunakan regulator yang dapat menempel dengan baik dan kuat pada tabung gas. Telah banyak ditemukan di daerah perkotaan ataupun pedesaan, keberadaan regulator yang tidak menempel secara kuat pada tabung. Alhasil pengguna umumnya menggunakan benda berat ataupun gelang untuk membuat regulator menempel erat pada bagian tabung. Carilah jenis regulator yang dapat menempel baik di tabung guna memperkecil resiko kebocoran.
  4. Pilih regulator dengan karet seal tambahan di bagian bawahannya. Tips memilih regulator yang aman selanjutnya adalah dengan memastikan jika ada karet seal tambahan pada bagian bawahnya. Karet seal sendiri merupakan karet yang dipasang pada bagian leher tabung. Saat karet ini dilepas maka regulator tidak akan berfungsi sehingga gas terus keluar atau bocor. Namun jika anda menggunakan regulator dengan karet seal tambahan, maka karet seal dilepas, regulator tidak akan mengalami kebocoran.
  5. Untuk keperluan berumah tangga, sebaiknya gunakan regulator yang bertekanan rendah. Perlu diketahui jika regulator gas elpiji yang dijual di pasaran, terdapat dua jenis yakni regulator dengan tekanan rendah serta regulator dengan tekanan tinggi. Regulator dengan tekanan yang tinggi, umumnya digunakan untuk mereka yang menjalankan bisnis catering, rumah makan ataupun para pedagang masakan. Sementara regulator bertekanan rendah adalah jenis regulator rumah tangga untuk keperluan ibu dalam memasak sehari-hari. Regulator merupakan media yang berfungsi sebagai penyalur gas dari tabung menuju ke kompor gas. Pada kebanyakan kasus bocornya LPG, pemicunya adalah regulator yang memiliki kualitas buruk atau seal yang kendor.

Nah diatas adalah ulasan tentang berbagai bukti jika Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan. Semoga dengan membaca ulasan di atas dapat menambah wawasan kita. Bravo Pertamina, semoga selalu terdepan dalam menghasilkan produk bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan.

Tentang sigit muddi kuncoro

Saya adalah Seorang Radiografer,Internet Marketer,Blogger,Praktisi Search Engine Optimization (SEO), SEO Mania. Diawali dari hobi blogging pada tahun 2008 kemudian saya memutuskan untuk fokus mendalami cara untuk membangun, medesign dan mengoptimasi sebuah website agar website tersebut mudah dicari pada halaman satu mesin pencarian terutama GOOGLE secara lebih profesional, dengan keyakinan bahwa apa yang saya pelajari tersebut akan bermanfaat dikemudian hari baik untuk saya pribadi maupun masyarakat pada umumnya.

Lihat Juga

pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

(Last Updated On: December 26, 2016)Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Seperti yang …