Home / Wisata Jogja / Museum Kereta Yogyakarta

Museum Kereta Yogyakarta

(Last Updated On: January 25, 2017)

 Museum Kereta Yogyakarta

museum kereta jogja - sewa mobil jogja

Museum Kereta Yogyakarta atau Museum Kareta Karaton Ngayogyakarta adalah salah obyek wisata budaya di kota Jogja yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara. Museum ini spesial menyimpan kereta-kereta kuda keraton pada saat Kerajaan Yogyakarta masa Sri Sultan HB VIII. Bangunan museum ini tak jauh dari alun-alun serta bersebelahan dengan Keraton tepatnya di Jalan Rotowijayan Yogyakarta
Wisata warisan budaya di Museum Kereta Yogyakarta menarik untuk di nikmati lantaran Anda pastinya akan takjub serta terasanya balik ke jaman Kerajaan Yogykarta saat lihat koleksi kereta kuda yang ada di museum ini. Tersebut sebagian trivia tentang kereta-kereta ini :
Semuanya kereta yang ada di Museum ini miliki nama semasing dengan manfaat semasing juga. Ya, pemakaian kereta tak asal-asalan tetapi senantiasa diambil berdasar pada acara yang bakal diadakan.
Tahukah Anda kalau kereta-kereta ini adalah kereta yang di buat di negara Eropa? Bahkan juga masihlah ada beberapa kereta yang hingga saat ini masihlah digunakan oleh Keraton pada acara-acara gelaran spesifik.
Beberapa besar kereta-kereta di sini masihlah asli belum tersentuh modifikasi, walau memanglah ada beberapa lagi yang telah alami modifikasi baik dalam soal cat serta interiornya.
Ada banyak kereta yang dikeramatkan, lantaran keistimewaaan berbahan yang terbuat dari emas serta adalah kereta Raja yang dikatakan sebagai kereta Kencana. Yang lain memanglah miliki nuansa mistis, oleh karenanya kita tak bisa berprilaku asal-asalan waktu ada di tempat ini.
Video Koleksi Kereta Kuda di Museum Kareta Karaton
Sekurang-kurangnya ada 3 type kereta di Museum Kareta Jogja, yaitu kereta atap terbuka serta beroda dua misalnya : Kereta Kapolitan, Kereta atap terbuka serta beroda empat. Sebagai contoh, kereta Kyai Jongwiyat serta Landower. Kereta atap tertutup serta beroda empat. Kereta ini termasuk juga kereta yang teramat elegan serta sakral, sebagai contoh yaitu Kereta Kanjeng Nyai Jimad, Kyai Garudayaksa serta Kyai Wimanaputra.
Satu diantara yang paling menarik dari wisata warisan budaya di Museum Kereta Yogyakarta yaitu kereta tertua yang ada disini, yakni Kanjeng Nyai Jimad yang sudah ada mulai sejak th. 1750. Kereta ini adalah buatan Belanda, memiliki bentuk unik serta begitu indah seperti kereta Cinderella. Ada patung wanita yang menyokong kereta ini serta ada untaian bunga yang mengalunginya. Bahkan juga mesti ada sejenis ritual seperti salam sungkem pada saat masuk ruang kereta ini lantaran beberapa orang-orang yakin kalau kereta-kereta itu ada penunggunya. Ceritanya dulu yaitu kereta ini adalah kereta yang dinaiki oleh Sultan serta Kanjeng Ratu Kidul. Anda tentu telah kerap mendengar tentang Legenda Ratu Pantai Selatan ini ya?
Akses ke Tempat
Museum Kareta Karaton berada di Komplek Ndalem Kraton Ngayogyakarta, bila tengah ada di Malioboro dapat jalan selalu ke selatan hingga bisa alun-alun, tempat Musium ini tepatnya di samping barat persis dari Alun-alun Utara Kraton.Banyak jasa sewa mobil jogja siap mengantar anda berjalan-jalan ke Museum ini, untuk city tur Jogja ada paket rental mobil paling irit, yakni memakai mobil City Car seperti Ayla atau Estilo, tarif sewa cukup terjangkau yakni Rp 375. 000/12 jam telah termasuk juga biaya sewa mobil, layanan supir serta bahan bakar.
Sarana serta Ticket Masuk
Bila anda punya niat untuk bertandang ke Museum Kereta Yogyakarta dapat datang sehari-hari pada jam 08 : 00 – 16 : 00. Ticket masuknya kurang dari Rp 5. 000 per orang, ada juga guide lokal yang bakal memberi keterangan tentang beragam kereta-kereta bersejarah ini dan narasi yang melatarbelakanginya. Anda juga bisa berikan duit panduan seikhlasnya. Bila membawa kamera ada penambahan cost untuk izin memphoto yakni sebesar Rp 1. 000 per kamera, begitu terjangkau bila dibanding dengan objek yang bakal dipotret yang tidak ternilai harga nya.

Tentang sigit muddi kuncoro

Saya adalah Seorang Radiografer,Internet Marketer,Blogger,Praktisi Search Engine Optimization (SEO), SEO Mania. Diawali dari hobi blogging pada tahun 2008 kemudian saya memutuskan untuk fokus mendalami cara untuk membangun, medesign dan mengoptimasi sebuah website agar website tersebut mudah dicari pada halaman satu mesin pencarian terutama GOOGLE secara lebih profesional, dengan keyakinan bahwa apa yang saya pelajari tersebut akan bermanfaat dikemudian hari baik untuk saya pribadi maupun masyarakat pada umumnya.

Lihat Juga

House-of-Raminten-jogja - sewa-mobil-jogja

3 Tempat Kongkow Paling Asyik Di Jogja

(Last Updated On: January 16, 2017) Di bawah ini daftar 3 tempat nongkrong asik di …