Home / Wisata Jogja / Oseng – oseng Mercon – Kuliner Super Pedas Ala Jogja

Oseng – oseng Mercon – Kuliner Super Pedas Ala Jogja

(Last Updated On: January 25, 2017)

 Oseng Рoseng Mercon РKuliner Super Pedas Ala Jogja

Oseng-oseng-mercon--sewa-mobil-jogjaSiapa katakan masakan Jogja didominasi rasa manis saja? Untuk beberapa penggila rasa pedas, silakan merapat di Warung Oseng – oseng Mercon Bu Narti yang berada di Jl. KH. Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Warung ini buka cuma saat malam hari yang menghidangkan masakan super pedas yang tentu dapat memuaskan untuk anda penggila masakan pedas.
Nama Oseng-oseng Mercon diambil lantaran makanan yang satu ini membuahkan sensasi rasa pedas yang spektakuler. Sesudah dihidangkan dari aromanya saja telah berikan kesan kalau makanan ini memanglah panas‚ÄĚ lantaran bau cabai rawit yang demikian merasa.
Awalannya, kata mercon sendiri dipopulerkan budayawan MH Ainun Najib dengan kata lain Cak Nun, waktu nikmati pedasnya masakan ini. Saat itu, racikan bumbunya sudah bikin mulut Cak Nun seperti ingin meledak. Jadi, ia katakan kalau makanan ini seperti mercon yang meledak di mulutnya.
Mulai sejak itu, masakan pedas fenomenal ini popular dengan sebutan oseng-oseng mercon. Nyatanya, resep masakan yang bermula dari beberapa cobalah ini makin disukai customer. Dapat dibuktikan, makanan ini dapat bikin beberapa pelanggan ketagihan walau berwajah mesti berkeringat serta merah padam lantaran kepedasan.
Usaha warung makan ini digeluti oleh Bu Kardi mulai sejak th. 1965. Ia mengenalkan resep hasil kreativitasnya sendiri dengan memproses bekas daging sapi (tetelan). Bumbu yang dipakai adalah kombinasi beragam rempah alami, seperti cabai rawit, daun salam, lengkuas, merica, garam, bawah, gula merah, dan lain-lain.  Akhirnya, sesudah melakukan eksperimen dengan gabungan bumbu, terwujudlah kuliner oseng mercon ini. Siapa kira segera jadi primadona terutama untuk beberapa penggemar rasa pedas. Warung Bu Kardi sudah diwariskan pada puterinya, Bu Narti.
Bahan Baku Oseng-Oseng Mercon
Bahan basic paling utama Oseng-oseng Mercon yaitu daging sapi yang diracik dengan memakai resep pedas dari cabai rawit dengan perbandingan daging 5 serta cabai 1, bawah merah, bawang putih, lengkuas, daun salam serta garam. Tetapi seperti masakan Jogja biasanya rasa manis tetaplah sedikit merasa pada oseng-oseng mercon ini tetapi tak sepadan dengan rasa pedasnya.
Empuknya daging dan gurihnya bumbu bikin lidah pelahap oseng-oseng selalu bergoyang walau suhu badan jadi panas akibat pedas yang dibuat. Kata bledek, halilintar, atau pedas hilang ingatan mungkin saja pas untuk mewakili rasa pedas masakan ini.  Warung Bu Narti ini begitu popular, dia menyampaikan dapat jual Oseng-Oseng Mercon sejumlah 200 jumlah dalam semalam, bahkan juga bila musim berlibur, jumlah itu dapat meraih 2 x lipat.
Penasaran menginginkan coba? Silakan kunjungi warung Bu Narti Jogja yang berada di Jl.  KH Ahmad Dahlan Yogyakarta ini menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa pada jasa sewa mobil jogja , sehari-harinya warung ini buka pada jam 5 sore sampai 11 malam. Harga yang menawarkan juga cukup terjangkau sekitaran Rp 13. 000 per jumlah.

Tentang sigit muddi kuncoro

Saya adalah Seorang Radiografer,Internet Marketer,Blogger,Praktisi Search Engine Optimization (SEO), SEO Mania. Diawali dari hobi blogging pada tahun 2008 kemudian saya memutuskan untuk fokus mendalami cara untuk membangun, medesign dan mengoptimasi sebuah website agar website tersebut mudah dicari pada halaman satu mesin pencarian terutama GOOGLE secara lebih profesional, dengan keyakinan bahwa apa yang saya pelajari tersebut akan bermanfaat dikemudian hari baik untuk saya pribadi maupun masyarakat pada umumnya.

Lihat Juga

House-of-Raminten-jogja - sewa-mobil-jogja

3 Tempat Kongkow Paling Asyik Di Jogja

(Last Updated On: January 16, 2017) Di bawah ini daftar 3 tempat nongkrong asik di …