Home / Artikel / Penggemar Mobil Mewah dan Berotot, Wajib Miliki Audi Q7

Penggemar Mobil Mewah dan Berotot, Wajib Miliki Audi Q7

(Last Updated On: January 25, 2017)

Penggemar Mobil Mewah dan Berotot, Wajib Miliki Audi Q7

 

 

Audi Q7
Audi Q7

 

Familiar dengan merek Audi? Penggemar otomotif pasti paham jika Audi identik dengan merek untuk mobil jenis sedan. Sedan memang dipandang sebagai jenis mobil yang paling nyaman baik bagi keluarga maupun bagi lajang yang perlu mengendarai mobil untuk sarana transportasinya. Namun ketika produsen mobil berinovasi memproduksi SUV perhatian publik pecinta otomotif mulai bergeser ke jenis terbaru. Munculnya mobil dengan desain tak kalah trendy dengan sedan ini menyebabkan selera pasar pun turut berubah.

Peminat mobil SUV semakin meningkat setiap tahunnya sehingga menginspirasi produsen sedan untuk turut memproduksi SUV seperti pabrikan otomotif Jerman Audi AG. Audi Q7 adalah crossover SUV generasi pertama dari Audi. Perusahaan otomotif Audi di Jerman berdiri sejal tahun 1932. Pemasaran produksinya yang dihasilkan tujuh pabrik telah mencapai berbagai negara yang tersebar di seluruh dunia. Menyebut merek Audi menigingatkan pada Lamborghini dan Ducati sebab perusahaan Audi juga merupakan pemilik dari Lamborghini dan Ducati. Tidak mengherankan jika Audi diklasifikasikan ke dalam golongan mobil mewah meski harganya juga masih terjangkau bagi kalangan menengah yang kemungkinan berpenghasilan tinggi.

Kehadiran Audi Q7 Mengubah Peta Persaingan SUV

Audi Q7 pertama kali diproduksi pada musim gugur 2005 dan dipamerkan di hadapan publik pada bulan September 2005 di pagelaran Frankfurt Motor Show. Mobil SUV generasi kedua dari Audi adalah Q5 yang diluncurkan tahun 2009. Di Indonesia Audi Q7 diperkenalkan lewat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 yang berlangsung di ICE (Indonesia Convention Exhibition), BSD Tangerang Banten.

Audi Q7 dengan kode produksi Typ 4L merupakan hasil modifikasi dari Paltform Grup Vlokswagen PL71. Q7 terinspirasi dari mobil konsep Audi Pikes Peak Quattro dan lebih didesain untuk mobil sarana masyarakat perkotaan bukan untuk mobil off road yang membutuhkan transfer case. Audi Q7 telah menggunakan penggerak 4 roda mobil permanen 4WD yang disebut quattro. Mobil ini juga dilengkapi pengatur ketinggian suspensi udara (adjustable height air suspension) yang sangat membantu mensuplai kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang saat berada di medan off road.

Desain mobil SUV memiliki kemiripan satu sama lain. Pada beberapa hal Audi Q7 memiliki kemiripan dengan Nissan X-Trail, mobil SUV paling tangguh dan nyaman. Salah satu kemiripan Audi Q7 dan Nissan X-Trail adalah torsi maksimalnya. Torsi Audi Q7 bisa mencapai 406 lb-ft untuk masing-masing 1750 rpm. Sedangkan Nissan X-Trail dengan mesin 2.5 L yangbertransmisi 2.5L CVT dengan Manual Mode dapat menghasilkan kekuatan 171PS dalam 6.000 rpm dan mempunyai torsi maksimal 23.8kg.m dalam 4.000 rpm.

Audi Q7 merupakan mobil SUV kelas mewah yang menggunakan silinder 6 petrol engine intercooled turbo. Setiap silindernya memiliki isi 1995 sehingga bisa mengangkat daya hingga 225 HP pada mesin 3750 rpm. Tangki mobilnya bisa menampung 65 Liter bensin. Perbedaan mencolok pada Nissan X-Trail dan Audi Q7 adalah pada dimensinya. Audi Q7 berdimensi: 5.088mm x 1.984mm x 1.737mm (panjang x lebar x tinggi) Sedangkan ukuran mobil X-Trail mencapai 4.640 x 1.820 x 1.720 mm (panjang x lebar x tinggi) dengan ukuran wheel base 2630 mm serta ground clearance berukuran 210 mm. Nissan X-Trail berukuran sedikit lebih kecil sehingga lebih mudah dihandle, parkir di tempat umum dan membutuhkan ruang garasi yang tak terlalu lebar.

Meski berbeda dimensi, tetapi desain Audy Q7 dan Nissan X-Trail memiliki kemiripan pada model sporty dan elegan lengkap dengan mesin yang tangguh di segala meda. Audy Q7 melengkapi kegaharannya dengan suspensi four wheel di bagian depan yang independen. Suspensi bagian belakangnya dilengkapi dengan spesifikasi yang sama pada bagian depan. Audy Q7 mengedepankan style sporty, tangguh dan trendy seperti terlihat pada velg yang digunakan, yaitu velg jenis 265/50hr19.0. Velg tersebut digunakan pada keempat rodanya sehingga baik bagian depan dan belakang keduanya mengesankan tangguh di segala medan.

Sedangkan Nissan X-Trail menggunakan ban mobil berukuran 18 inchi (2,5 CVT Grade) dengan velg sporty. Bagian depannya tampak lebih agresif dengan grille yang dikombinasikan LED Headlight dan membuat sudut lengkung berkesan lebih tajam. Bagian bumper depan pada Nissan X-Trail tampak lebih stylish dengan adanya foglamp. Namun keberadaan foglamp ini sebenarnya merupakan kepedulian produsen Nissan terhadap pentingnya Safety Riding.

Ketika berkendara di cuaca berkabut tebal baik karena hujan deras maupun berada di ketinggian atau daerah tertentu yang rawan terhadang kabut tebal keberadaan foglamp sangat dibutuhkan pengemudi. Kabut tebal bisa menghalangi jarak pandang dan sangat berbahaya jika mengemudi dalam kondisi pencahayaan jalan yang kurang. Oleh sebab itu, penerangan ekstra dengan adanya foglamp sekaligus membantu pengemudi mewaspadai medan di depan selain bentuknya yang unik dan artistik sebagai asesoris.

Audi Q7 juga dilengkapi air bag dan foglamp sebagai bentuk kepedulian produsen Audi terhadap keselamatan konsumennya baik pengemudi maupun penumpang. Bahkan Audi Q7 mendapat apreasiasi tersendiri dari European New Car Assessment Programme (Euro NCAP). Dalam uji coba yang diadakan European New Car Assessment Programme (EURO NCAP) crossover SUV lux ini mampu meraih penghargaan bintang lima. Artinya Audi Q7 lulus dengan predikat sangat mengagumkan untuk ujian kategori keselamatan aktif dan keselamatan pasif.

Hal ini merupakan bukti pencapaian membanggakan atas keseriusan produsen Audi untuk mengkampanyekan pentingnya safety riding. Prestasi dan penghargaan ini menunjukkan bahwa mengendarai mobil Audi Q7 sangat aman baik bagi pengemudi, penumpang dan para pengguna jalan raya di sekitarnya. Uji kecelakaan yang dilakukan Euro NCAP terhadap Audi Q7 membuktikan bahwa fitur-fitur keselamatan dalam mobil Audi Q7 berjalan dengan baik dan dapat melindungi penumpang di jok depan, baris tengah, di jok belakang, penumpang bayi dan juga pejalan kaki yang berada di luar sebagai salah satu pengguna jalan raya.

Audi Q7 adalah salah satu desain terbaik Audi dan tak lepas dari kesan mobil mewah yang selama ini melekat pada Audi. Selain velgnya yang tampak kokoh dan trendy untuk roda depan dan belakang kemewahan Audi juga tampak pada berbagai fitur sebagai ciri khas bawaan mobil Audi. Desain interior audi menggunakan AC dual control auto climate yang memungkinkan pengemudi dan penumpang bisa menyesuaikan temperatur sesuai selera dan kebutuhan tubuh masing-masing, penumpang di jok belakang sopir tak perlu khawatir kedinginan sementara di bagian depan lebih suka suhu ekstra dingin sebab penumpang di jok belakang bisa mengatur suhu AC mobil sesuai selera.

Audi Q7 juga dilengkapi auto wiper, pengaturan kemudi secara otomatis, sensor hujan dan sunroof. Tentu sangat mengasyikkan mengendarai Audi Q7 saat cuaca cerah dan bisa menikmati sejuknya udara, hangat mentari, angin sepoi-sepoi pagi ketika sunroof dibuka. Tidak mengherankan jika Audi Q7 digemari kalangan wirausahawan muda dan selebritis yang senang bergaya dan travelling dengan otomotit kelas mewah.

Audi mahal berkelas, Nissan X-Trail murah hebat

Bagi kelas menengah ke atas yang sayang merogoh kocek hingga 1,4 miliar untuk memiliki Audi Q7 tak perlu bersedih hati. Meski tak memiliki Audi Q7, memiliki Nissan X-Trail di garasi sudah cukup memenuhi kebutuhan transportasi keluarga. Bayangkan dengan kisaran harga 390 hingga 450 juta mobil SUV elegan dan nyaman bisa didapatkan dari satu unit Nissan X-Trail. Bagian dalam Nissan X-Trail berupa kabin lapang dengan jumlah tiga baris jok penumpang yang bisa dimajumundurkan.

Sisi interior dashboard Nissan X-Trail dilengkapi dengan screen 5ā€ yang terhubung dengan 2DIN AM/FM CD Player Screen. Di bagian layarnya terdapat fitur Arround View Monitor (AVM) yang berfungsi menyajikan tampilan pemandangan 360 derajat di sekitar mobil dan memudahkan pengemudi mendapatkan gambaran sekitar ketika memarkir mobil di ruang sempit.

Sistem keamanannya juga tidak kalah dibandingkan Audi Q7 sebab Nissan X-Trail dilengkapi Zone Body Concept yang terdiri dari Active Trace Control. Vehicle Dinamis Control (VDC), Active Engine Brake (CVT Only), Dual SRS Airbags, Hill Start Assist, Active Ride Control dan Immobilizer + Vehicle Security Sistem. Semua fitur tersebut membuktikan bahwa Nissan X-Trail juga sama seriusnya dengan Audi dalam memperhatikan keselamatan para penumpangnya.

 

 

Tentang sigit muddi kuncoro

Saya adalah Seorang Radiografer,Internet Marketer,Blogger,Praktisi Search Engine Optimization (SEO), SEO Mania. Diawali dari hobi blogging pada tahun 2008 kemudian saya memutuskan untuk fokus mendalami cara untuk membangun, medesign dan mengoptimasi sebuah website agar website tersebut mudah dicari pada halaman satu mesin pencarian terutama GOOGLE secara lebih profesional, dengan keyakinan bahwa apa yang saya pelajari tersebut akan bermanfaat dikemudian hari baik untuk saya pribadi maupun masyarakat pada umumnya.

Lihat Juga

Jadwal pelatihan USG Kebidanan Untuk Bidan 2017

Jadwal pelatihan USG Kebidanan Untuk Bidan 2017

(Last Updated On: April 11, 2017)Jadwal pelatihan USG Kebidanan Untuk Bidan 2017 JADWAL PELATIHAN USG …

jadwal pelatihan usg abdomen untuk dokter umum 2017

Jadwal Pelatihan Usg Abdomen untuk Dokter Umum 2017

(Last Updated On: April 11, 2017)Jadwal pelatihan usg abdomen untuk dokter umum 2017 JADWAL PELATIHAN …

Vivagoal Situs Berita Bola Terkini

Vivagoal Situs Berita Bola Terkini dan Terupdate

(Last Updated On: April 25, 2017)Vivagoal Situs Berita Bola Terkiniā€“ Berolahraga sepakbola hingga sekarang ini …